ice cubes

Apa Itu Ice Flake Machine Dan Cara Kerjanya

Ice flake Machine adalah salah satu mesin yang bisa digunakan untuk membuat es batu. Namun, es batu yang dibuat ini adalah es batu dengan bentuk pecahan-pecahan kecil. Mesin ini sangat dibutuhkan apalagi di berbagai tempat khususnya supermarket, swalayan dan lainnya yang sangat bermanfaat apalagi untuk mengawetkan berbagai makanan. 

Mesin Ice Flake dan Fungsinya 

Di musim panas pastinya akan banyak orang yang membutuhkan banyak minuman dingin yang akan menyegarkan. Hal ini akan memudahkan banyak pebisnis yang memanfaatkan sebagai ladang penghasilan yang menguntungkan. Beberapa tempat yang menggunakan mesin es ini seperti supermarket dan swalayan untuk mengawetkan beberapa jenis frozen food, ikan, dan juga daging. 

Berbagai Perusahaan menggunakan ice flake machine seperti Perusahaan apalagi perikanan. Beberapa contohnya seperti produk tuna kaleng yang diawetkan berdasarkan dari tangkapan oleh nelayan yang belum diolah. 

Untuk proses kerja dari mesin es ini diantaranya sebagai berikut ini:

  • Selama proses refrigerasi hampir sama dengan mesin es tube atau gallon. Gas di dalamnya memiliki tekanan yang sangat rendah akan langsung masuk pada pipa evaporator yang akan melingkar sampai keseluruhan tabung. Di mana tabung es ini memiliki lapisan ganda yang juga akan membantu untuk membuat es lebih cepat. 
  • Nantinya saat bahan baku airnya dipompa sehingga bisa mengaliri sampai dengan semua tabung drum es di sekitar permukaannya. 
  • Air yang akan mengaliri permukaan tabung akan lebih mudah menjadi es yang akan memutar pada seluruh permukaan tabungnya. 
  • Setelah pada akhirnya es flake sudah berbentuk, nantinya pisau yang ada di dalam mesin akan memotong-motong sampai bisa membuat es flake yang menempel yang hancur. 
  • Es flake yang sudah terpotong-potong akan langsung jatuh pada penampungan yang ada di dalam mesinnya. Letaknya sendiri ada di bawah tabung drum es. 

Untuk prosesnya hingga dimulai dari bahan baku air sampai menjadi es akan membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat. Tentunya dibandingkan dengan dengan menghancurkan es secara manual atau dengan beberapa jenis mesin penghancur es yang lainnya. 

Proses atau waktu yang akan dibutuhkan untuk menghancurkan es sendiri 15-20 menit saja. Sedangkan untuk daya yang dibutuhkan bisa dibilang juga sangat rendah bahkan sangat efisien dengan kapasitas produksinya hingga mencapai 500kg di setiap harinya. 

Untuk daya kelistrikan hanya membutuhkan sekitar 2,34 KW saja. Lalu, pilihan compressor yang digunakan bisa disesuaikan apalagi beberapa merk yang popular. Ada berbagai jenis ice flake machine yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun banyak merk yang bermunculan dan harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan sesuai dengan penggunaannya. Sedangkan untuk merk yang popular seperti Danfoss, Copeland dan juga Bitzer. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *