Oven Tanam

3 Cara Memilih Oven Tanam untuk Dapur Modern

Oven jadi salah satu perabotan yang wajib ada di dapur. Oven zaman sekarang fungsinya tidak hanya untuk memanggang, karena sebagian dilengkapi fitur untuk mengukus hingga air fry. Dari banyaknya jenis oven yang ada di pasaran, oven tanam jadi pilihan tepat untuk dapur modern.

Lalu, bagaimana cara memilih oven yang tepat? Berikut ini tips memilih oven untuk pemula.

  1. Pertimbangkan Ukuran dan Kapasitasnya

Ukuran dan kapasitas adalah pertimbangan utama dalam memilih oven. Untuk mengetahui ukuran oven yang ideal, Anda bisa mengukurnya dari seberapa sering memasak, ruang yang tersedia di dapur, jumlah penghuni rumah, hingga cara memasak. 

Ukuran oven tidak hanya diukur dari lebar dan tingginya saja. Namun, Anda perlu mempertimbangkan ukuran volumenya dalam liter. Sementara untuk kapasitas, oven dengan ukuran 30-40 liter cocok untuk keluarga kecil yang terdiri dari 2 orang. Untuk keluarga berjumlah lebih dari 4 orang, Anda bisa menggunakan oven berukuran 70 liter ke atas.

  1. Bahan Bakar Oven

Cara kedua adalah mempertimbangkan bahan bakar oven tanam. Apakah akan menggunakan oven listrik atau oven gas. Masing-masing jenis oven memiliki kekurangan dan kelebihan. Misalnya oven listrik yang memiliki distribusi panas lebih merata dan memiliki udara lebih kering yang memudahkan dalam mengatur kematangan makanan. Sedangkan oven berbahan bakar gas mempunyai kelembaban lebih tinggi, sehingga ideal untuk memasak roasts atau kue.

  1. Desain Oven

Selain bahan ukuran, kapasitas, dan bahan bakar, pertimbangkan pula desain oven yang akan Anda beli. Pemilihan desain oven harus disesuaikan dengan konsep dapur di rumah Anda. Dengan begitu, akan tercipta keselarasan yang membuat tampilan lebih menarik. 

  1. Garansi Oven

Terakhir, pastikan oven yang Anda pilih dilengkapi dengan garansi. Apabila terjadi kerusakan, pihak perusahaan akan menanggung perbaikan selama masih berada dalam masa garansi dan kerusakan tidak disebabkan oleh kelalaian pengguna.

Dengan empat pertimbangan di atas, Anda akan lebih mudah menemukan oven tanam yang sesuai dengan kebutuhan. Last but not least, jangan lupa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *