vacuum cleaner tangan

4 Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner Tangan yang Wajib Anda Hindari

Vacuum cleaner tangan atau genggam merupakan pilihan yang sangat fleksibel dan praktis. Apalagi, vacuum cleaner genggam dapat digunakan bahkan tanpa menggunakan kabel sekalipun. Pasalnya, peralatan elektronik yang satu ini sudah dilengkapi dengan baterai sebagai sumber energinya.

Meski demikian, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda menggunakan vacuum cleaner genggam genggam dengan cara yang tepat. Jadi, Anda bisa memastikan vacuum cleaner tetap berfungsi dengan efektif.

Kesalahan #1: Vacuum Cleaner Menyala Terus-Terusan

Banyak orang yang masih sering membiarkan vacuum cleaner menyala terus-terusan untuk waktu yang lama selama membersihkan rumah. Akan tetapi, ternyata kebiasaan ini tidak dianjurkan kalau Anda ingin vacuum cleaner genggam Anda awet dan tidak lekas rusak.

Kalau Anda menggunakan vacuum cleaner konvensional yang berkabel, kebiasaan tersebut sama sekali tak jadi masalah. Sayangnya, membiarkan vacuum cleaner genggam menyala terus-terusan malah bisa mengakibatkan overheat dan merusak mesinnya. Ketika Anda menggunakan vacuum cleaner genggam, beri jeda setiap 30 menit dan matikan mesinnya sejenak.

Kesalahan #2: Menggunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Cairan dan Benda Tajam

Memang benar bahwa vacuum cleaner tangan atau genggam bisa menyedot kotoran dan partikel berukuran kecil. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa menggunakannya untuk menyedot segala jenis kotoran.

Pastikan Anda tidak menggunakan vacuum cleaner genggam untuk menyedot cairan atau benda tajam, seperti serpihan kaca dan jarum. Cairan yang tersedot vacuum cleaner genggam bisa menyebabkan konslet, dan benda tajam bisa merusak komponen vacuum cleaner, terutama sikatnya.

Kesalahan #3: Tetap Menggunakan Vacuum Cleaner Meskipun Ada Suara Aneh

Sebenarnya, vacuum cleaner pasti mengeluarkan suara ketika digunakan, terlepas dari apa jenisnya. Meski demikian, Anda juga perlu mengenali dengan baik seperti apa suara vacuum cleaner genggam yang berfungsi normal. Dengan begitu, Anda bisa segera menyadari ada yang tidak beres saat suara yang terdengar adalah suara aneh yang tidak seperti biasanya.

Apabila Anda mendengar suara aneh ketika menyalakan dan menggunakan vacuum cleaner genggam, segera matikan alat. Pasalnya, suara yang tidak biasa dari vacuum cleaner genggam merupakan salah satu tanda ada kerusakan pada alat. Misalnya saat mesin kepanasan atau ketika penyedotnya tersumbat kotoran.

Kesalahan #4: Tetap Menggunakan Kantong Debu yang Sudah Mulai Rusak

Tak jarang, ada yang tetap bandel menggunakan kantong debu yang sebenarnya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda rusak dengan dalih berhemat. Kalau Anda juga salah satu yang punya kebiasaan ini, Anda harus buru-buru bertobat.

Mengapa? Karena kantong debu yang sudah mulai rusak sudah harus segera diperbaiki atau diganti. Kalau tidak, vacuum cleaner tangan Anda pun tidak bisa berfungsi dengan efektif dan optimal. Pasalnya, kantong debu merupakan komponen vacuum cleaner yang berfungsi untuk menyimpan debu dan kotoran yang sudah disedot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *