Ilustrasi genset yanmar

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Genset Yanmar

Bila saat ini Anda sedang ingin mencari genset yanmar maka harus memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut dilakukan karena sekarang ini genset memiliki berbagai jenis dan terdiri dari berbagai sumber bahan bakar. Anda dapat memulainya dari mencari informasi yang berkaitan dengan jenisnya, kualitas dan juga perbandingan harga. 

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus tahu cara penggunaanya dan melakukan perawatan supaya tidak akan ada yang salah saat digunakan dan genset bisa bekerja dengan optimal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli genset.

 

1.Daya Listrik yang Diperlukan

Ketika Anda sudah menentukan jenis mesin genset yanmar yang paling sesuai dengan rumah maupun tempat bisnis, maka selanjutnya Anda harus mempertimbangkan kebutuhan daya listriknya. Contohnya, genset yang akan dipakai untuk perusahaan, Anda bisa memilih jenis genset yang memiliki tenaga rendah. 

Anda harus tahu lebih dahulu berapa kebutuhan listriknya dan digunakan untuk apa saja, misalnya lampu, kulkas, TV, AC dan lain sebagainya. Lebih baik Anda lebihkan total daya dari perhitungan Anda karena bila sewaktu-waktu Anda memerlukan tambahan alat lainnya. 

Pastinya akan berbeda dengan genset yang Anda pakai untuk keperluan usaha maupun sebuah perusahaan. Anda harus memilih genset yang berdasarkan jumlah dari voltase genset yang diperlukan.

  1. Jenis Gensetnya

Genset yanmar memiliki dua jenis yaitu genset silent dan juga genset open. Genset silent harganya lebih mahal dibandingkan genset open. Genset mempunyai keunggulan di dalam produksinya karena memang diproduksi dengan menggunakan canopy yang mempunyai lapisan untuk meredam suara bising. Sedangkan genset open adalah tipe genset terbuka tanpa canopy maupun box sehingga suara yang akan dihasilkan akan terdengar bising. 

Kelebihan yang dimilikinya adalah jika nantinya haris bongkar pasang tidak akan kesulitan karena mudah untuk digunakan dan dilengkapi panel controller, knalpot yang mudah dipasang dan tangki solar. Kedua jenis genset tersebut bila melihat performanya tidak akan ada perbedaan yang terlalu besar. Anda hanya harus memilihnya berdasarkan kebutuhan saja. 

Namun, ada yang harus Anda tahu bahwa genset umumnya ada genset yang akan mengeluarkan asap ketika dinyalakan. Satu kelemahan tersebut harus diperhatikan dengan baik karena bisa saja mengganggu lingkungan sekitarnya. Usahakan Anda sudah mempunyai ruangan yang khusus dan baik untuk menyimpan genset. 

  1. Garansi Produk dan Ketersediaan Sparepart

Umumnya di saat membeli sebuah produk akan dilengkapi dengan garansi sehingga bila ada kerusakan pada produk pembeli tidak usah merasa khawatir dengan biaya perbaikannya karena biasanya produk dapat ditukarkan maupun diperbaiki oleh pihak distributor. Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan pengecekan lebih dahulu apakah genset tersebut memiliki jaminan maupun garansi produk 1-2 tahun kedepannya. 

Penggunaan genset yanmar dengan waktu yang lama umumnya akan memiliki kendala di bagian spare partnya. Hal tersebut sangat penting untuk dijadikan pertimbangan karena bila sewaktu-waktu ada masalah Anda mudah menemukan spare part penggantinya dan genset bisa dipakai kembali tanpa adanya kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *