deep fryer

Gas Fryer, Kunci Gorengan Renyah Sempurna Ala Restoran dan Cara Menggorengnya!

Gorengan renyah dan matang sempurna adalah hidangan paling umum disajikan di berbagai restoran, hotel, kafe, hingga rumahan. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, penggunaan jual gas fryer jadi salah satu kuncinya.

Beda metode penggorengan, beda pula hasilnya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan hasil gorengan yang sempurna? Yuk, simak selengkapnya!

Jenis Minyak yang Dipakai

Umumnya di Indonesia akan menggunakan minyak goreng biasa untuk menggoreng hidangan, namun khusus teknik deep frying jenis minyak yang dipakai berbeda karena memengaruhi proses penggorengannya.

Jenis minyak yang direkomendasikan antara lain :

  • Canola
  • Minyak sayur
  • Minyak kacang
  • Minyak bunga matahari
  • Rice bran

Kelima jenis minyak netral tersebut memiliki titik asap tinggi, yang mana mampu mencapai suhu tertinggi saat menggoreng tanpa membuat dapur penuh asap.

Sedangkan minyak zaitun, mentega, atau shortening punya titik asap rendah dan meninggalkan rasa kuat pada makanan.

Cara Menggoreng yang Tepat

Bagaimana cara menggoreng yang tepat melalui teknik deep frying ala restoran?

  1. Pemilihan jenis makanan

Tidak semua makanan cocok untuk dimasak dengan teknik ini, penggunaan gas fryer biasa dipakai saat anda menggoreng kentang, keripik, sayap ayam, donat, ikan, tempura, onion rings dan makanan bertepung lainnya.

  1. Diamkan di suhu ruang

Sebelum digoreng dan dibalut tepung, pastikan bahan makanan ada di suhu ruang untuk mencegah kelembapan berlebih dan suhu minyak yang stabil.

Keringkan makanan dengan tisu, adanya kelembaban berlebih juga menimbulkan cipratan minyak, kotor, bahkan berpotensi membahayakan.

  1. Siapkan termometer

Temperatur minyak adalah kunci mendapatkan kematangan pas, tapi tidak gosong dan lembek setelahnya. Walau deep fryer punya fitur pengatur suhu, tak ada salahnya anda tetap menggunakan termometer tambahan.

Suhu penggorengan yang disarankan antara 180-190 derajat celcius.

  1. Tameng cipratan

Wajar memang saat menggoreng akan ada cipratan minyak, supaya tidak melukai tubuh dan tetap menjaga kebersihan sekitar, pasangkan tameng cipratan sebelum menggoreng.

  1. Goreng secukupnya

Gorenglah bahan makanan secukupnya supaya tidak saling menempel satu sama lain, dan gorengan dapat segera mengapung setelah matang.

Nah, itu dia cara menggoreng sempurna menggunakan gas fryer ala restoran. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *