dokter gigi bandung

Tips Perawatan Gigi Gratis Menggunakan BPJS, Begini Prosedurnya Lengkapnya!

Banyak orang di Indonesia yang kerap menyepelekan kesehatan gigi mereka. Bahkan, tidak sedikit juga yang belum pernah scaling atau membersihkan karang gigi selama hidupnya. Tak heran kalau akhirnya banyak orang yang mengalami sakit gigi karena berlubang ataupun infeksi. Mayoritas dari mereka takut perawatan gigi karena harga dokter gigi Bandung yang dinilai mahal.

Padahal jika ingin mengulik lebih dalam, beberapa perawatan gigi justru bisa ditanggung oleh BPJS. Di mana pasien tidak perlu lagi memikirkan harga dokter gigi Bandung jika ingin melakukan tindakan perawatan gigi. Berikut ini adalah tips ke dokter gigi dengan menggunakan BPJS, yaitu:

  1. Daftarkan Diri ke Fasilitas Kesehatan Terdekat

Langkah pertama yaitu Anda harus mendaftarkan diri ke faskes terdekat, baik itu puskesmas ataupun klinik. Jika di faskes tersebut ada dokter gigi, maka Anda bisa langsung mendapatkan layanan. Namun jika tidak ada, Anda dapat mendaftar ke dokter gigi yang praktik secara mandiri.

  1. Datang Langsung ke Faskes

Langkah berikutnya, datang langsung ke fasilitas kesehatan yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Apabila Anda memerlukan perawatan gigi lebih lanjut, maka nantinya akan diberi surat rujukan ke spesialis.

  1. Membawa Semua Berkas yang Diperlukan

Apabila Anda harus mendapatkan tindakan medis di fasilitas kesehatan rujukan, maka Anda perlu membawa semua berkas BPJS untuk proses administrasi. Berkas tersebut terdiri dari KTP dan juga surat rujukan dari faskes pertama. Kemudian pihak faskes tersebut nantinya akan memberikan Surat Eligibilitas Peserta atau SEP.

Apabila Anda belum memilih BPJS, pastikan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta. Proses tersebut dapat dilakukan secara online. Sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS untuk mengurus hal tersebut.

Beberapa perawatan gigi yang ditanggung BPJS antara lain seperti administrasi pelayanan. Mulai dari pendaftaran pasien, biaya administrasi selama proses perawatan, hingga pemberian surat rujukan. 

Kemudian, ada juga pemeriksaan, pengobatan, dan juga konsultasi medis yang ditanggung BPJS. Lalu ada premedikasi, pencabutan gigi sulung, permanen, dan juga obat pasca pencabutan gigi. Perawatan dan juga prosedur tersebut nantinya akan ditanggung oleh BPJS. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai harga dokter gigi Bandung jika sudah menggunakan BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *