atap baja ringan

Perhatikan! Begini Tips Memasang Konstruksi Atap Besi CNP

Para pebisnis pada bidang konstruksi tentunya sudah tak asing dengan konstruksi atap besi CNP. Besi kanal c ini adalah material yang sering dipakai untuk membuat atap bangunan. Kanal C adalah bahan terbuat dari baja dengan lapisan krom di permukaan. Sehingga menjadikannya mempunyai karakteristik tahan terhadap korosi. Kanal c pun sangat kokoh dan kuat sebab dibuat dari baja.

Itulah alasan mengapa bahan material ini jadi pilihan banyak orang dan kontraktor untuk pembangunan pabrik, gedung, rumah, terutama di bagian rangka atap. Nah, berikut ini akan dibahas tips pemasangan besi kanal c.

Perhatikan Pola

Langkah yang pertama dalam memasang konstruksi atap besi kanal c, yakni harus perhatikan pola. Pastikan Anda mengamati pola dan desain yang sudah dibuat untuk kemudian melakukan eksekusi bentuk rangka yang sesuai pola serta desain. 

Pastikan juga Anda sudah memilih jenis dan ukuran sesuai kebutuhan desain ataupun model pola rangka atap. Jika rangka tak sesuai pola serta desain, maka proses pengerjaannya pun akan susah diselesaikan. 

Oleh karena itu, perhatikan secara teliti dan cermat pola yang telah dimiliki. Jika langkah ini bisa terpenuhi, pemasangan konstruksi atap dengan material besi kanal c akan lebih mudah serta efisien. 

Memakai Dynabolt

Tips pasang konstruksi atap besi CNP selanjutnya adalah dengan memakai dynabolt. Dynabolt merupakan alat konstruksi yang berupa sekrup khusus yang fungsinya adalah untuk gabungkan dua objek di suatu bangunan. 

Di konteks pemasangan konstruksi atap, pemakaian dynabolt akan buat pemasangan rangka besi menjadi lebih mudah serta praktis. Untuk lebih memudahkan, usahakan untuk memilih dynabolt ukuran besar. Jika ingin lebih mudah lagi, sebaiknya menggunakan dynabolt lebih dari satu. Pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara pasang dynabolt secara benar agar dapat membantu pemasangan konstruksi atap CNP dengan sempurna. 

Ada pula cara pasang dynabolt untuk bantu pasang konstruksi atap besi kanal c atau CNP, yakni sebagai berikut:

  • Buat lubang untuk menjadi media memasang dynabolt. Pastikan ukuran lubang sesuai ukuran selongsong silinder hingga bagian dalamnya bisa menyentuh ring penahan. 
  • Bersihkan lubang supaya dynabolt terpasang secara sempurna. 
  • Masukkan selongsong silinder di posisi tepat.
  • Pasang rangka sesuai dengan lubang sudah dibuat.
  • Masukkan anchor kemudian kencangkan. 

Pasang dalam Keadaan yang Bersih

Tips berikutnya dalam memasang atap besi kanal C yakni mematikan kondisinya bersih. Kondisi bersih akan memudahkan dalam proses pemasangan sebab tak terganggu kotoran. 

Rangka bersih pun akan hasilkan tampilan yang lebih menarik ketika pemasangan telah selesai. Selain itu, rangka yang sudah terpasang secara bersih, perawatannya pun akan menjadi lebih mudah.

Demikian beberapa tips dalam pemasangan konstruksi rangka atap besi CNP. Pastikan Anda memilih besi kanal c dengan kualitas bagus sehingga hasil akhirnya pun akan lebih baik. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *