pasang gigi palsu bandung

3 Prosedur Pasang Gigi Palsu di Klinik Ataupun Rumah Sakit, Apa Saja?

Pasang gigi palsu (denture) adalah sebuah alat bantu untuk menggantikan gigi dan jaringan gusi di sekelilingnya yang telah hilang. Bagi anda yang berminat untuk memasang gigi palsu, sebaiknya pahami dulu harga pasang gigi palsu bandung, jenis-jenis denture dan bagaimana prosedur pemasangan gigi palsu. Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam dan mendetail.

Jenis-jenis gigi palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan dibagi menjadi dua jenis, berikut penjelasannya:

  1. Gigi palsu lepas

Gigi palsu jenis ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Gigi tiruan penuh, gigi palsu ini sudah ada sejak lama dan lebih banyak digunakan oleh kalangan lansia. Jenis gigi palsu ini digunakan apabila seluruh gigi baik yang di rahang bawah, atas ataupun keduanya telah hilang. 
  2. Gigi tiruan sebagian berbahan akrilik, biasanya dipasang bila gigi asli yang hilang hanya satu atau beberapa. Denture ini terbuat dari bahan akrilik dan kawat guna untuk menyambungkan gigi palsu dengan gigi asli yang masih melekat di rahang anda.
  3. Gigi tiruan sebagian berbahan luntur, memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi palsu berbahan akrilik. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan, di mana gigi tiruan ini lebih lentur dan tidak perlu kawat untuk membuatkan lebih menempel pada gusi. 
  4. Gigi palsu permanen

Pasang gigi palsu, gigi palsu permanen dibedakan menjadi dua, antara lain:

  1. Gigi tiruan jembatan, disebut juga dental bridge merupakan gigi palsu yang didesain untuk menggantikan gigi asli yang hilang dan bersifat permanen atau tidak bisa dilepas. Ini karena dental bridge sudah terfiksasi secara permanen dengan gigi sebelahnya.
  2. Gigi tiruan implan atau dental implant adalah prosedur untuk menggantikan akar gigi sebagai penyangga gigi palsu dengan cara bedah minor. Gigi tiruan implan ini terbuat dari logam khusus seperti titanium

Prosedur pemasangan gigi palsu

Pemasangan gigi palsu dapat anda lakukan di pasang gigi palsu terdekat, baik klinik maupun rumah sakit. Harga pasang gigi palsu bandung atau sekitaran jakarta masih terhitung terjangkau. Di bawah ini prosedur pemasangan denture yang harus dilakukan sesuai tahapannya agar gigi tiruan bisa pas dengan ukuran gigi asli:

  1. Pemeriksaan gigi oleh dokter gigi

Dokter akan melakukan pemeriksaan gigi untuk menentukan jenis dan bahan yang cocok digunakan sebagai gigi palsu. Pemeriksaan ini juga akan membedakan harga pasang gigi palsu bandung atau daerah jabodetabek.

  1. Pencetakan gigi palsu 

Dokter memasukkan cetakan ke rongga mulut untuk mengetahui bagaimana bentuk dan ukuran gigi. Umumnya, cetakan yang pakai terbuat dari bahan cair atau semi padat. Saat sudah masuk ke dalam rongga mulut dan menempel di area gigi, maka cetakan akan memadat dan mengeras.

  1. Pembuatan dan pemasangan gigi palsu

Pada tahapan pasang gigi palsu ini, bentuk dan struktur gigi akan dibuat semirip mungkin sesuai setakan. Setelahnya, gigi palsu akan dipasang ke area gigi yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *