pabrik baja ringan kanal u

Jenis-Jenis Baja Ringan untuk Konstruksi Bangunan

Guna memenuhi kebutuhan konstruksi, distributor baja ringan kanal u menyediakan produk dengan jenis yang beragam. Dengan begitu, Anda pun bisa memilih produk baja ringan dengan jenis atau tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis baja ringan yang biasa tersedia di pasaran? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak dulu penjelasan di bawah ini.

Baja Ringan C Channel

Salah satu jenis baja ringan yang tersedia di pasaran adalah baja ringan C channel atau kanal C. Diberi nama demikian karena bentuknya yang memang menyerupai huruf C. Biasanya, jenis baja ringan yang satu ini memiliki ukuran standar 6 meter, lebar antara 75 hingga 80 mm, dan ketebalan antara 0,6 hingga 1 mm.

Jenis yang satu ini biasanya digunakan dalam pembuatan kuda-kuda alias rangka atap. Selain itu, baja ringan kanal C juga dapat digunakan sebagai kanopi selama bebannya tidak terlalu berat.

Baja Ringan Reng

Kemudian ada jenis baja ringan reng, yang juga memiliki peran penting dalam konstruksi bangunan, terutama untuk pembuatan atap. Baja ringan reng biasanya memiliki panjang 6 meter dan sering digunakan sebagai tumpuan bagi atap.

Sementara itu, bentuk baja ringan reng biasanya terdiri atas 2 (dua) jenis. Yang pertama adalah baja ringan reng simetris, yang kedua sisinya sama-sama miring sehingga sama alias simetris. Yang kedua adalah baja ringan reng asimetris yang salah satu sisinya miring, sementara sisi lainnya memiliki sudut kemiringan 90 derajat.

Baja Ringan Hollow

Jenis baja ringan yang satu ini juga dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai distributor baja ringan. Berbeda dengan baja ringan kanal u atau c ataupun reng yang lebih sering digunakan untuk konstruksi bangunan (terutama atap), baja ringan hollow cenderung digunakan untuk kebutuhan interior bangunan. Misalnya untuk plafon.

Baja ringan hollow sendiri memiliki berbagai keunggulan, salah satunya sifatnya yang tahan korosi. Tak hanya itu saja, baja ringan pada dasarnya bersifat anti rayap sehingga tidak akan melapuk atau rusak karena dihabisi oleh rayap.

Keunggulan lainnya yang dimiliki baja ringan sehingga tentunya dimiliki baja ringan hollow juga adalah sifatnya yang fire-retardant. Dengan begitu, baja ringan tidak merambatkan api sehingga bisa meningkatkan keamanan hingga keselamatan para pengguna bangunan.

Baja Ringan Kaso (Truss)

Baja ringan kaso atau truss umumnya digunakan untuk pembuatan rangka atap juga. Dengan begitu, genteng pun bisa ditempatkan dan ditata untuk menjadi atap. Tak hanya itu saja, baja ringan kaso juga dapat digunakan sebagai material untuk memperkuat tiang dan kuda-kuda bangunan.

Biasanya, distributor baja ringan kanal u juga menyediakan baja ringan kaso dengan ketebalan antara 0,75 hingga 1 mm. Sekilas, baja ringan kaso punya bentuk yang serupa dengan baja ringan hollow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *