Besi Hollow

Apa itu Besi Hollow

Dalam proses pembangunan salah satu bahan konstruksi yang diperlukan adalah berupa besi. Terdapat beberapa jenis besi. Salah satunya adalah yang namanya besi hollow.

Apakah Besi Hollow itu

Besi hollow atau hollow steel ialah material bangunan terbuat dari baja berbentuk tabung dengan bagian dalam yang kosong atau berongga. Mirip dengan pipa, tapi dengan dinding yang lebih tebal. Lembaran besi ditekuk hingga membentuk kotak atau persegi panjang. Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, baik itu persegi, atau persegi panjang, maupun bulat. Hal ini guna memudahkan pengguna dalam memilih besi hollow yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Selain itu, besi hollow juga memiliki beragam varian ketebalan dinding yang sesuai dengan kekuatan yang diperlukan untuk aplikasi tertentu.

Fungsi Kegunaan Besi Hollow

Besi hollow sering digunakan sebagai struktur penyangga, pembuatan struktur tiang, dan balok, juga kolom, atau menjadi bahan pembuatan rangka atap, dan tangga, kanopi, pembatas balkon, serta pagar, dan berbagai elemen bangunan yang lainnya. Dapat digunakan untuk konstruksi interior maupun eksterior. Bisa juga digunakan untuk pembuatan furniture, seperti rak sepatu, atau rak dapur, atau rak televisi, dan lain sebagainya. Dalam proses pemasangannya, besi hollow bisa dipotong, dan ditekuk, juga dilas sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Memudahkan para pekerja konstruksi untuk menyesuaikan besi hollow dengan desain serta spesifikasi proyek secara tepat. Meski tetap diperlukan keahlian khusus agar besi hollow bisa berfungsi secara optimal dan memberikan hasil konstruksi yang kuat serta tahan lama.

Jenis Besi Hollow

Di pasaran bisa ditemukan beberapa jenis besi hollow sebagai berikut.

Besi Hollow Hitam

Terbuat dari plat hitam dengan bahan dasar Hot Rolled Coil (HRC). Besi hollow hitam ini dalam penggunannnya perlu dicat anti karat sebab belum dilapisi dengan zat pelapis antikarat.

Besi Hollow Galvanis

Jenis besi hollow ini telah diberi lapisan galvanis sehingga sudah anti karat. Kemampuannya yang tahan korosi ini membuat besi hollow galvanis sering digunakan sebagai interior dan eksterior. Guna menambah daya anti karatnya maka bisa diberi tambahan lapisan anti karat lagi. Dalam penggunaannya perlu dihindarkan dari semen, sebab akan mudah menjadi lapuk.

Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum ini memiliki daya anti karat yang lebih baik jika dibanding jenis besi hollow yang lainnya. Namun mudah tergores dan masih cukup reaktif terhadap semen sehingga mudah mengalami proses pelapukan

Keunggulan Besi Hollow

Bahan material ini memiliki sifat yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan desain konstruksi, cukup fleksibel, juga mudah dipasang. Besi hollow juga tidak mudah terbakar sifatnya, sehingga bisa memberikan keamanan tambahan pada bangunan. Area permukaannya cukup luas pula. Sehingga bisa memudahkan proses pengecatan atau pelapisan dalam rangka memberi perlindungan material dari korosi dan kerusakan yang lainnya. Memiliki kekuatan yang tinggi, tahan terhadap beban yang berat, namun bobotnya cukup ringan karena berongga. Usia daya pakainya cukup lama karena tahan cuaca ekstrem.

Beberapa keunggulan dari besi hollow tersebut membuat bahan material ini menjadi pilihan yang cukup populer untuk digunakan di bidang konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *